Istri Kadus dan Istri BPD Dapat BST, Ini Tanggapan Sekdes Sanolo

Sekertaris Desa Sanolo Arabiyah.

WARTABUMIGORA. BIMA.- Salah satu istri Kepala Dusun (Kadus) dan Empat istri anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sanolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga dapat Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa melalui Sekertaris Desa Sanolo Arabiyah, S. Pd menjelaskan, sesuai dengan arahan Dinas Sosial Kabupaten Bima melalui surat edaran Nomor 463.6/320/06.3/2020 tertanggal 15 Mei 2020. Pihaknya telah melakukan verifikasi dan validasi data penerima BST Kemesos RI untuk di kirim kembali ke Dinas Sosial.

“Tidak ada anggota perangkat desa dan anggota BPD yang menerima manfaat, namun berkaitan dengan istri perangkat desa dan istri BPD memang benar ada yang menerima BST,” katanya saat diwawancarai oleh media ini via Telpon. Sabtu, (23/05/20) sekitar Pukul 16:42 Wita.

Dirinya membenarkan, bahwa memang terdapat istri Perangkat Desa dan istri BPD yang menerima BST, namun secara regulasi dan surat yang dikirim oleh Dinas Sosial Kabupaten Bima tidak disebutkan bahwa istri Perangkat Desa dan istri BPD tidak boleh menerima bantuan terkait.

“Kalo berdasarkan krikteria yang dikirim oleh Dinas Sosial, bahwa yang tidak bisa menerima BST adalah ASN, Polri, TNI, Warga yang mampu dan termasuk Perangkat Desa, tidak disebutkan bahwa Istri Perangkat Desa dan istri BPD tidak boleh menerima bantuan itu, kami hanya mengikuti intruksi dari Dinas Sosial,” jelasnya.

Dibeberkan dia, berdasarkan keputusan bersama Pemerintah Desa dan BPD pada saat verifikasi dan validasi, pihaknya hanya menghapus penerima manfaat yang sudah meninggal dan penerima ganda serta yang lainnya, namun pada saat agenda tersebut tidak ada yang memberi usulan bahwa Istri Perangkat Desa dan istri BPD juga harus dihapus dari penerima manfaat BST.

“Objektifnya, Istrinya bukan perangkat desa karna tidak dibuktikan dengan SK,” cetusnya. (abd).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *