Tuesday, June 15News That Matters

Peran Orang Tua dalam Mengasuh dan Mendidik Anak Dimasa Pandemi

Oleh : Darmawati

Prodi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Universita Islam Negeri Mataram

Setelah adanya pandemic Corona Disease 19 (Covid- 19) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengeluarkan dua kebijakan melalui surat edaran No. 3 tahun 2020 (Kemendikbud, 2020c) dan Surat Edaran No. 4 tahun 2020 (Kemendikbud, 2020d). Kedua kebijakan Mendikbud tersebut terkait pencegahan Covid- 19 pada satuan pendidikan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan dimasa darurat penyebaran Covid- 19. Kebijakan belajar di rumah itu dikenal sebagai kebijakan belajar jarak jauh dalam jaringan (Daring) atau disebut sebagai Online Learning.

Begitupun dengan sekolah PAUD program pendidikannya di adakan dalam jarak jauh (di rumah saja).
Orang tua dan guru adalah elemen terpenting dalam proses pengasuhan dan pendidikan anak, lebih-lebih pada usia dini. pada masa pandemi seperti ini orang tua dituntut untuk lebih aktif dan lebih maksimal dalam mengasuh anak-anaknya. Mengingat pada masa pandemic sekolah-sekolah diliburkan sehingga guru-guru tidak bisa berkontribusi lebih seperti sedia kala dalam mengasuh dan mendidik anak. Orang tua harus kreatif dalam mendidik anak, untuk mengantisipasi kebosanan yang dialami oleh anak, Orang tua harus menggunakan metode-metode yang menarik dalam proses pengasuhan dan pendidikan berlangsung selama masa pandemic. Orang tua bisa menerapkan permainan tradisional, seperti permainan bola bekel. Permainan seperti itu dapat mengembangkan fisik motorik pada anak, juga bisa mengasah kemampuan berhitung anak.

Maka dalam kondisi seperti ini, guru harus tetap memantau dan mengontrol perkembangan belajar anak walaupun lewat online (media social). Guru juga harus bisa lebih dekat dengan wali murid. Komunikasi dan koordinasi guru dengan orang tua harus intens, sehingga bisa saling berbagi cerita terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh orang tua pada saat pengasuhan dan pendidikan anak. Dan bagaimana perkembangan dan keberhasilan belajar anak. Sistem pengasuhan sangat berperan dalam kehidupan anak sehari-hari, baik pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua kandung, anggota keluarga lain.

Berbagai masalah terjadi pada seluruh aspek kehidupan ditimbulkan oleh covid-19, sebagian bahkan hampir seluruh aktivitas manusia terkendala oleh adanya covid-19. Begitu juga yang terjadi pada aspek pendidikan di Indonesia. Guru-guru sudah tidak bisa memantau dan mengevaluasi murid secara langsung, maka dibutuhkanlah peran orang tua sebagai pengganti guru secara formal. Disini orang tua diharapkan agar lebih memperhatikan anak-anaknya, menjadi teman belajar dan teman bermainya. Sehingga anak-anak tidak melupakan kewajibanya sebagi pelajar.

Pengasuhan dan pendidikan yang intesif sangat perlu diterapkan pada masa pandemic seperti saat ini.
Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh dan membimbing anak-anaknya sehingga mencapai tahapan tertentu yang menghantarkan anak untuk siap dalam kehidupan bermasyarakat. Perlakuan orang tua terhadap anak secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak. Pengasuhan yang baik dalam keluarga membuat anak berkembang dengan baik. Orang tua yang mengasuh anaknya dengan bijak membantu anak mencapai keseimbangan dalam belajar dan mencapai kematangan dalam biologis dan emosional. Orang tua yang berusaha menanamkan nilai-nilai yang positif pada anak, penghargaan terhadap individualitas anak, menetapkan standar yang adil, menciptakan rasa aman dan dicintai pada anak serta selalu mendorong komunikasi timbal balik dengan anak membuat anak percaya bahwa mereka memiliki tanggungjawab untuk mencapai kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *